BORAC – Bantu Pulihkan Ketahanan Pangan


BOGOR – 05’ April’ 2020 – Virus corona mulai merebak ke Kota dan Kabupaten Bogor semenjak awal maret lalu, beberapa upaya pencegahan, persiapan pengobatan dan penanganan terhadap dampak yang lain mulai dikaji dan diterapkan satu persatu. Kemungkinan penyebaran virus ini akan semakin besar dan cepat, warga pun mulai diminta dan diedukasi mengenai faktor faktor penyabaran virus, salah satunya adalah dengan menjaga jarak atau berdiam diri hingga situasi kembali aman. Mulai pertengahan maret, seluruh pelajar di Bogor Raya diminta untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh dari rumah. Pada akhir maret lalu juga beberapa pusat perkantoran dan pusat aktifitas umum sudah mendapatkan himbauan agar ditutup sementara waktu untuk mencegah penyabaran virus yang semakin berkelanjutan. Dari sanalah kekhawatiran lain mulai timbul, beberapa harga bahan pangan mulai naik karena sulitnya distribusi, selain itu para pekerja inform atau pekerja harian mulai sulit mendapatkan nafkah karena pembatasan ruang aktifitas yang diterapkan. Kesehatan dan ketersedian pangan tentunya adalah dua hal yang saling terikat, selain kecepatan tanggap terhadap pengobatan atau pencegahan penyebaran virus yang begitu cepat, kita juga diuji dengan permasalahan ketahanan pangan, tentunya kita mesti menyadari bahwa ini adalah tanggung jawab kita semua. Dari temuan kasus-kasus seperti itulah, akhrinya Borac terbentuk pada 30 Maret 2020.

BORAC atau Bogor Rise Against Corona adalah sebuah pergerakan yang diinisiasi oleh para inisiatif muda seperti; Musisi, Penggiat Seni, Pelaku Ekraf, Gerakan Kolektif, dan Komunitas muda lainnya yang berkosentrasi pada ketersedian pangan dan hal-hal lainya yang merupakan dampak dari pandemi ini. Dari awal terbentuk BORAC dan jejaring pertemanan yang dimiliki, mulai menggalang donasi melalui pesan singkat dan social media.

“Dalam waktu kurang dari 2×24 jam, kami memaksimalkan jejaring pertemanan, dan mencoba memperluas upaya donasi dengan membuat konser amal digital yang diberi nama Konser Karantina Bogor, yang diisi oleh 66 Musisi Bogor yang dilaksanakan pada tanggal 2-12 April 2020 yang dibagi 2 sesi melalui akun Instagram kami dan musisi itu sendiri. Kami juga mengadakan upaya donasi melalui Jual Beli Donasi dan Lelang Karya Karantina yang dipusatkan di akun instagram @borac.19. Selain daripada itu tim BORAC juga mencoba membuat kanal forum untuk setiap daerah di Bogor Raya melalui website yang bisa masyarakat akses di www.borac-19.com dan bisa masyarakat isi untuk berbagi informasi dan laporan atau hal apapun terkait dampak dari wabah covid-19 di Kota dan Kabupaten Bogor yang telah terbagi setiap wilayahnya,” pungkas Akbar Savio selaku Inisiator BORAC.

Dari segala upaya donasi yang dilakukan, tentunya juga dari apresiasi dan dukungan pihak pihak lain, akhirnya BORAC bisa melaksanakan distribusi bantuan sembako dan makanan jadi pertama pada tanggal 4 April 2020. Distribusi bantuan berupa sembako pertama ditujukan kepada 5 titik di wilayah Bogor utara dan Tanah sereal, dengan total 65 pax sembako. Selain itu pada pendistribusian pertama juga ditujukan kepada driver ojek online sebanyak 20 pax telur ayam. Sedangkan untuk distribusi bantuan dalam bentuk makanan langsung di daratkan di wilayah Bojong Gede dan Cibinong dengan sasaran kelompok rentan yang masih berkeliaran demi mencari kebutuhan pangan.
“Perjuangan kita belum berakhir, tetapi ini adalah awal yang baik untuk kita saling menjaga dan menguatkan diri satu sama lain dari bencana yang melanda seluruh dunia ini. Ujian yang sedang kita alami ini tentunya bukan bicara tentang hal-hal individu saja, tapi kita sebagai warga yang harus bahu-membahu membantu warga lainnya yang membutuhkan. Terimakasih bagi teman teman yang sudah mendukung pergerakan kami, kami masih terus mengundang semua elemen masyarakat Bogor untuk turut aktif memerangi virus ini atau membantu menggerakan donasi, agar Bogor raya kembali pulih.” Tutup Akbar Savio

(Foto di bawah, beberapa yang lain bisa di kolek dari Rifqi Danuwiputra atau yang ada di grup Koordinator)

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *